Sabtu, 09 Januari 2016

Pelanggan keliru mengkomunikasikan jasa yang di inginkan

PENJELASAN
Customer salah memberikan informasi kebutuhan nya dan salah memahami layanan yang akan didapat, sehingga layanan yang nanti nya sudah didapatkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

SEBAB
  • Customer kurang memahami betul bidang jasa yang dinginkan.
  • Perusahaan tidak peka atau kurang dapat menganalisa kebutuhan customer yang dimaksud.

CONTOH
Customer mencari paket internet dengan quota cukup dan tarif murah dengan tujuan sekedar chat dan browsing tanpa download files yang besar size nya.
Provider ZZY menawarkan paket internet dengan quota 3 GB dalam 1 bulan dengan biaya Rp 30.000.
Customer sudah beranggapan akan menggunakan quota 3 GB, ternyata baru 15 hari quota sudah habis.
Dikarenakan kenyataannya quota 3 GB terdiri dari :
  • 1.5 GB pada pukul 00.00 - 06.00
  • 1.5 GB pada pukul 06.00 - 00.00
Dimana customer tersebut aktif di pagi dan siang hari.

SOLUSI
Perusahaan harus meminimumkan miskomunikasi dan misinterprestasi (kesalahan dalam penyampaian dan pemahaman) yang bisa terjadi, dengan mempersiapkan jasa yang mudah dimengerti oleh customer. Dalam hal ini perusahaan harus mengambil strategi dan tindakan yang dapat memahami dengan jelas instruksi dari customer dan customer mengerti betul jasa yang akan didapat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar